KAI Dukung Pop Up Store UMKM Indonesia di pusat Kota Melbourne

KAI Dukung Pop Up Store UMKM Indonesia di pusat Kota Melbourne
Foto: PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Jakarta, 19 November 2025 - PT KAI terlibat langsung dalam acara peresmian pembukaan Discover Indonesia Pop-Up Store Melbourne 2025, yang menjadi perpanjangan dari Paviliun Indonesia pada Global Sourcing Expo (GSE). Pada kesempatan ini Duta Besar Indonesia untuk Australia Siswo Pramono melakukan seremoni berupa pengguntingan pita dan memberikan ucapan selamat kepada para UMKM yang berpartisipasi.

Discover Indonesia Pop-Up Store Melbourne berlangsung pada 19–22 November 2025 di Hawker Spaces, 362 Little Collins Street, Melbourne CBD, menampilkan ragam produk unggulan Indonesia dari sektor fashion & accessories, home & lifestyle, shoes & footwear, hingga cultural merchandise. Toko ini sebagai outlet retail yang dijadikan ruang interaksi dan pengalaman langsung antara konsumen Australia.

“Kerja sama lintas institusi menjadi salah satu cara untuk penjajalan produk kreatif Indonesia bisa diterima lebih luas dan memiliki daya saing di pasar global. KAI hadir untuk memastikan pelaku UMKM mendapatkan ruang tumbuh dan peluang baru, melalui uji produk di ekosistem industri kreatif  di Melbourne,” ujar Agus.

Baca Juga

Freeport Indonesia Minta Percepatan Divestasi Saham 12 Persen, Ini Alasannya

Pada GSE Melbourne 2025, Paviliun Indonesia menghadirkan 26 perusahaan unggulan hasil kurasi tujuh Lembaga yaitu Kementerian Perdagangan, KBRI Canberra, KJRI Melbourne, Pemprov DKI Jakarta, Pemkot Bandung, KAI, serta Indonesia Eximbank/LPEI. Kolaborasi ini dirancang untuk menghadirkan potensi terbaik industri kreatif Indonesia di panggung internasional.

Dua UMKM binaan KAI yang lolos kurasi dan tampil di Melbourne adalah Olla OnEthnic dengan fashion etnik modern berbasis tekstil Nusantara, serta D’Russa Goods Co. yang menghadirkan leather goods dan homewares dengan kualitas craftsmanship yang kuat. Keduanya menunjukkan kesiapan produksi, konsistensi kualitas, serta karakter desain yang sesuai dengan preferensi pasar Australia.

Sepanjang Januari hingga 17 November 2025, KAI telah melibatkan 1.121 UMK dalam beragam program pembinaan mulai dari sertifikasi, pelatihan Fast Track UMK Mitra KAI, UMKM Naik Kelas Jawa Barat, hingga partisipasi dalam pameran nasional dan internasional seperti INACRAFT 2025, Fashion World Tokyo, Indonesia Fashion Week, International Handarty Korea, dan Trade Expo Indonesia. Inisiatif ini merupakan bagian dari langkah berkelanjutan KAI dalam memperluas akses pasar UMKM serta memperkuat fondasi ekonomi masyarakat.

“Melalui keikutsertaan pada kegiatan ini, KAI terus memperluas kontribusinya dalam menghubungkan potensi lokal dengan peluang global yang memberikan manfaat bagi masyarakat, memperkuat ekosistem UMKM, dan mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan masyarakat Indonesia,” tutup Agus.

Redaksi

Redaksi

Energika.id adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Simak Jadwal KA Bandara YIA Selasa 25 November 2025, Tarif Hanya Rp20 Ribu

Simak Jadwal KA Bandara YIA Selasa 25 November 2025, Tarif Hanya Rp20 Ribu

Update Jadwal KRL Solo – Yogyakarta 25, 26, 27 November 2025, Perjalanan Lancar dan Tepat Waktu

Update Jadwal KRL Solo – Yogyakarta 25, 26, 27 November 2025, Perjalanan Lancar dan Tepat Waktu

Info Jadwal Bus DAMRI Jogja Menuju Bandara YIA 25 November 2025

Info Jadwal Bus DAMRI Jogja Menuju Bandara YIA 25 November 2025

Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Update Selasa 25 November 2025

Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Update Selasa 25 November 2025

Freeport Indonesia Targetkan Produksi Emas 43 Ton Tahun 2028-2029

Freeport Indonesia Targetkan Produksi Emas 43 Ton Tahun 2028-2029