Cara Membuat Instagram Shop, Fitur IG untuk Tingkatkan Penjualan
- Kamis, 01 Februari 2024
JAKARTA-Instagram Shop adalah fitur khusus di aplikasi Instagram yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi dan membeli produk langsung dari akun bisnis. Secara sederhana, fitur ini memungkinkan pemilik bisnis untuk mengubah akun mereka menjadi toko online lengkap di dalam aplikasi Instagram. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana pengaruh dari IG Shop untuk bisnis, dan cara membuatnya.
Dengan fitur ini, bisnis dapat menampilkan katalog produk mereka secara visual, menyediakan informasi produk, dan menandai produk langsung dalam postingan. Sejatinya, pengguna dapat dengan mudah menemukan produk yang menarik minat mereka dan melakukan pembelian tanpa harus meninggalkan aplikasi Instagram.
Hanya saja, hingga kini, kita masih akan diarahkan website penjual untuk melakukan transaksi. Namun, meski demikian, Instagram Shop menyediakan pengalaman berbelanja yang lebih lancar dan praktis bagi pengguna, serta membantu pemilik bisnis untuk meningkatkan jangkauan dan penjualan mereka.
Baca JugaPelindo Tingkatkan Efisiensi Logistik Lewat Digitalisasi dan Transformasi Operasional
Dengan fitur ini, produk yang kita jual dapat dilihat oleh jutaan pengguna aktif di Instagram. Menggunakannya akan membantu meningkatkan jangkauan merek, sehingga lebih banyak orang yang mengetahui dan tertarik dengan produk.
Di era serba visual ini, enampilkan katalog produk secara visual, pelaku bisnis juga dapat memperkuat citra mereknya, seerta meningkatkan kesadaran konsumen tentang merek. Manfaatkan juga fitur tagging yang disediakan oleh Instagram.
Fitur tagging produk di Instagram Shop memungkinkan untuk menandai produk dalam postingan. Ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi lebih banyak produk dari merek dan menemukan produk yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.
Pertanyaannya adalah, bagaimana cara membuat Instagram Shop?
Cara Membuat Instagram Shop
Untuk membuat Instagram Shop, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengguna Instagram, beberapa syarat tersebut adalah akun harus sudah menjadi akun bisnis. Kamu dapat mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis dengan mudah melalui pengaturan akun.Pastikan bahwa bisnis juga telah mematuhi standar komunitas dari Instagram. Dengan mengubah akun menjadi bisnis, maka kamu akan langsung diarahkan untuk membuat halaman facebook terlebih dahulu. Setelah memenuhi persyaratan di atas, maka berikut ini cara membuatnya.
Langkah pertama adalah dengan cara mengubah akun Instagram menjadi akun bisnis atau kreator, caranya yaitu dengan masuk ke settings, lalu pilih menu business. Setelah itu, pengguna bisa memilih set up Instagaram Shopping, atau juga bisa melakukannya dari feed, dengan memencet tombol add Shop, lalu klik tombol get started.
Kemudian, pengguna akan diminta menghubungkan akun IG-nya dengan Facebook, dan setelah menautkannya, pihak IG akan meminta untuk menautkan katalog. Jika pengguna telah memiliki katalog di akun Facebooknya, maka bisa langsung memilihnya. Namun, jika belum, maka bisa juga membuat catalog baru.
Untuk membuat toko di Instagram, kamu bisa menggunakan pihak ketiga seperti Shopify dan BigCommerce untuk menautkan catalog, nah setelah punya katalog, klik tombol next. Nah, fase inilah yang membutuhkan website, pihak IG akan meminta website untuk ditautkan. Setelah website ditautkan, barulah pengajuan akan direview oleh Instagram.
Nah, itulah langkah-langkah membuatnya. Berikut kita masuk ke cara menggunakannya, bagaimana sih? Setelah Instagram Shop siap, pengguna dapat menggunakannya dengan beberapa cara berikut
1. Saat membuat postingan, kamu dapat menandai produk langsung dalam gambar atau video. Pengguna dapat mengklik produk yang ditandai untuk melihat informasi lebih lanjut dan melakukan pembelian.
2. Instagram Shop juga menciptakan tab "Shop" di profil akun bisnis. Pengguna dapat mengakses katalog produk dengan mengklik tab ini dan menjelajahi produk-produk Anda.
3. Dalam cerita atau IGstory, pengguna juga dapat menggunakan stiker belanja untuk menampilkan produk dan mengarahkan pengguna langsung ke halaman produk.
Fitur Reels Instagram Bantu Tingkatkan Engagement IG Shop
Reels adalah platform video pendek di Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membuat video kreatif, mengeditnya dengan berbagai efek menarik, dan membagikannya dengan audiens mereka. Fungsinya mirip dengan platform video pendek lainnya, seperti TikTok. Fitur ini memungkinkan kita untuk merekam video dalam durasi 15 hingga lebih, dan kemudian mengeditnya dengan berbagai efek, musik, dan filter yang tersedia.Pengguna dapat menggunakan musik yang sudah disediakan oleh Instagram atau mengunggah musik sendiri. Setelah video selesai diedit, pengguna dapat membagikannya di feed atau di tab khusus "Reels" di profil.
Untuk cara menggunakannya, kamu hanya perlu mencari tombol reels, lalu rekam video atau masukkan video yang telah kamu rekam sebelumnya. Setelah itu, pengguna bisa dapat mengeditnya dengan berbagai alat kreatif, seperti efek, filter, musik, dan stiker.
Penting untuk dicatat, ikutilah tren yang sedang viral agar konten yang dibuat bisa meledak. Setelah video selesai diedit, pengguna dapat menambahkan caption, tag teman, dan membagikannya di feed atau di tab "Reels" di profil.
Redaksi
Energika.id adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.
Rekomendasi
Berita Lainnya
Pengusaha Ritel Kirim Surat kepada Sri Mulyani: Tolak Kenaikan PPN Jadi 12%
- Jumat, 15 November 2024
Prabowo Mau Hapus Utang UMKM, Petani & Nelayan, Bos BRI: Sudah Ditunggu-tunggu
- Kamis, 31 Oktober 2024
Terpopuler
1.
2.
Tantangan Pembangunan Kesehatan dalam Menyongsong Bonus Demografi
- 20 November 2024
3.
4.
5.
Menteri Dody Tinjau Progres Pembangunan Underpass Joglo di Surakarta
- 16 November 2024