ITDC Catat Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Destinasi Wisata Bali, NTB, dan NTT

Senin, 28 Oktober 2024 | 12:12:35 WIB

JAKARTA—Injourney Tourism Development Corporation (ITDC) melaporkan pertumbuhan signifikan dalam kunjungan wisatawan ke tiga kawasan yang mereka kelola sepanjang Triwulan III tahun 2024.

Tiga destinasi wisata tersebut meliputi The Nusa Dua di Bali, The Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Golo Mori di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Utama ITDC, Ari Respati, mengungkapkan bahwa kawasan-kawasan tersebut menunjukkan performa positif pada periode Juli hingga September 2024. Di The Mandalika, NTB, pertumbuhan hunian hotel didorong oleh berbagai event besar yang diadakan di kawasan tersebut.

"Berbagai event, seperti Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship, Mandiri Mandalika Festival of Speed, dan Cinema on The Beach, berhasil menarik wisatawan domestik dan internasional," jelas Ari dalam keterangan resmi pada Minggu (27/10/2024).

Berkat event-event tersebut, sejumlah hotel utama di The Mandalika, seperti Pullman, Raja, Montana, Novotel, dan JM, mengalami peningkatan okupansi yang signifikan. Hotel Montana dan Novotel, misalnya, mencatat tingkat hunian lebih dari 90 persen pada Agustus 2024, dengan rata-rata okupansi keseluruhan The Mandalika mencapai 70,73 persen.

Di The Nusa Dua, Bali, tingkat hunian mencapai 84,60 persen selama Triwulan III, didukung oleh berbagai event internasional bertema Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) dan leisure events.

Beberapa acara besar seperti Indonesia Bertutur, Mercedes Benz Jambore, Circle K Run, TGIF 2024, konser DAY6, dan Just Dance It Out 2024 menjadi daya tarik utama kawasan tersebut, yang sukses mendiversifikasi produk wisata untuk mendongkrak kunjungan wisatawan secara berkelanjutan.

Sementara itu, kawasan Golo Mori di Manggarai Barat, NTT, meski belum memiliki fasilitas akomodasi hotel, berhasil mencatat 5.641 kunjungan wisatawan selama Triwulan III. Jumlah tersebut menunjukkan hasil positif dari promosi dan pengembangan kawasan Golo Mori sebagai destinasi wisata berkelanjutan yang terus dipromosikan.

Ari Respati menegaskan bahwa pertumbuhan kunjungan wisatawan di kawasan yang dikelola ITDC tersebut merupakan hasil dari strategi jangka panjang untuk menciptakan destinasi wisata yang terintegrasi dan berdaya saing tinggi.

“Kami berkomitmen memperkuat ekosistem pariwisata dengan peningkatan infrastruktur, kualitas pelayanan, dan diversifikasi produk wisata agar kawasan kami mampu bersaing di pasar global,” jelasnya.

Menyambut agenda event padat dan libur akhir tahun yang mendekat, ITDC optimis tingkat kunjungan wisatawan akan terus meningkat.

“Kami fokus memastikan kesiapan seluruh kawasan dengan prioritas pada inovasi dan peningkatan kualitas layanan, tidak hanya untuk meningkatkan jumlah kunjungan tetapi juga untuk menciptakan pengalaman wisata yang berkesan dan berkelanjutan,” tutup Ari.

Terkini