PLN Indonesia Power Borong 34 Penghargaan ENSIA 2024: Prestasi dalam Inovasi Lingkungan dan Sosial

Sabtu, 10 Agustus 2024 | 16:22:10 WIB

BALI-PLN Indonesia Power (PLN IP) selalu mengedepankan aspek sosial dan lingkungan dalam setiap aktivitas bisnisnya, mengimplementasikan berbagai inovasi yang memberikan dampak positif ganda bagi masyarakat dan lingkungan.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menjelaskan bahwa sebagai subholding perusahaan pembangkit terbesar di Asia Tenggara, PLN IP mengoperasikan bisnisnya dengan prinsip kelestarian lingkungan dan pengembangan sosial. Inovasi yang dilakukan oleh perusahaan selalu mempertimbangkan peningkatan kualitas lingkungan dan sosial, sejalan dengan tujuan kemajuan korporasi.

"Inovasi yang kami lakukan tidak hanya untuk kemajuan perusahaan, tetapi juga selalu mempertimbangkan dampaknya terhadap kualitas lingkungan dan sosial," ujar Edwin.

Edwin menekankan pentingnya menjaga kualitas lingkungan untuk menahan laju pemanasan global, yang harus sejalan dengan kegiatan operasional perusahaan. PLN Indonesia Power berkomitmen pada visi misi berkelanjutan, tidak hanya untuk menyediakan pasokan listrik yang andal tetapi juga untuk berkontribusi pada kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat dan lingkungan.

Komitmen PLN Indonesia Power terhadap inovasi lingkungan dan sosial yang berkelanjutan telah diakui dengan 34 penghargaan Environmental & Social Innovation (ENSIA) Award 2024. Penghargaan ini mencakup kategori inovasi lingkungan, sosial, dan local hero inspiratif, menunjukkan konsistensi PLN Indonesia Power dalam menjaga kelestarian lingkungan dan kontribusi sosialnya.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Alue Dohong, menyatakan bahwa ENSIA Award diharapkan dapat memotivasi pelaku usaha untuk terus berinovasi dalam bidang lingkungan dan sosial. "Saya yakin ENSIA akan mendorong pelaku usaha untuk melakukan inovasi yang lebih baik, yang juga berkaitan erat dengan PROPER dari KLHK. Semoga ENSIA dapat mendukung pencapaian PROPER di tingkat nasional," katanya.

Selaras dengan pernyataan Alue Dohong, pada tahun 2023, PLN Indonesia Power meraih prestasi gemilang dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dengan mengantongi 13 penghargaan Proper Emas. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas upaya PLN Indonesia Power dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, serta mendukung prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dan target Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060.

Terkini