Strategi PLN Indonesia Power dalam Mencapai Target NDC melalui Mekanisme Carbon Trading

Kamis, 16 Mei 2024 | 18:18:54 WIB

Jakarta - PLN Indonesia Power (PLN IP) bersumpah untuk mendukung Pemerintah dalam upaya menurunkan emisi dan mempercepat transisi energi dengan memanfaatkan perdagangan karbon. Mereka berambisi meningkatkan penjualan dua kali lipat dalam beberapa tahun mendatang dibandingkan dengan tahun 2023.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menyebut perdagangan karbon sebagai langkah inovatif PLN yang akan membantu mencapai Net Zero Emisi (NZE) pada tahun 2060. PLN Indonesia Power sudah memulai implementasinya dengan mendapatkan verifikasi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari lembaga independen yang terakreditasi Sucofindo untuk sejumlah Unit Pembangkit mereka.

"Perdagangan karbon menjadi evolusi bisnis yang tak hanya tentang penghasilan kilowatt-jam, tapi juga tentang mengurangi emisi karbon," jelas Edwin.

Pada tahun 2023, PLN Indonesia Power telah berhasil melakukan perdagangan karbon sebanyak 2.428.203 ton CO2, dan mereka berencana untuk menggandakannya dalam beberapa tahun mendatang.

"Target perdagangan karbon kedepannya adalah dua kali lipat dari tahun 2023," tambah Edwin.

Selama tahun 2023, 10 Unit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PLN Indonesia Power telah berkontribusi dalam perdagangan karbon. Di antaranya adalah PLTU Suralaya, PLTU Banten 1 Suralaya, PLTU Adipala, PLTU Ombilin, PLTU Labuan, PLTU Pangkalan Susu, PLTU Lontar, PLTU Pelabuhan Ratu, PLTU Labuan Angin, dan PLTU Teluk Sirih.

"PLTU Suralaya menjadi kontributor terbesar dengan menurunkan emisi sekitar 1,5 juta ton CO2," ungkapnya.

Menurut Edwin, pencapaian dan target perdagangan karbon PLN IP ini bertujuan untuk membantu Pemerintah mencapai Target Kontribusi Nasional (NDC) pada tahun 2030 dan Net Zero Emissions pada tahun 2060.

"Dengan melakukan perdagangan karbon, kami berkontribusi dalam memperlambat perubahan iklim dan melindungi lingkungan, sejalan dengan upaya pemerintah," tutup Edwin.

PLN Indonesia Power juga berupaya untuk terus meningkatkan penurunan emisi Gas Rumah Kaca secara nasional dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak dan membuka peluang kerjasama dalam perdagangan karbon.

Terkini