Sinergi Pendidikan dan Industri: Kunjungan Industri SMKN 2 Sukabumi ke Kantor NOC PLN Icon Plus

Jumat, 17 Mei 2024 | 02:37:38 WIB

JAKARTA-SMKN 2 Sukabumi telah melakukan kunjungan industri ke Kantor Network Operation Center (NOC) PLN Icon Plus di Gandul, Depok, sebagai bagian dari Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dalam kunjungan ini, sebanyak 70 siswa dan siswi disambut hangat oleh Tim PLN Icon yang dipimpin oleh Manager Management Gangguan Jaringan – Enterprise, Didik Nurjayadi.

Kunjungan ini dimulai dengan sesi perkenalan dan paparan tentang PLN Icon Plus yang disampaikan oleh Didik. Dalam paparannya, Didik memberikan pemahaman mendalam tentang fungsi dan peran NOC PLN Icon Plus dalam menjaga keandalan jaringan listrik.

"Dengan kunjungan industri ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru bagi teman-teman semua (siswa/i SMKN 2 Sukabumi)," ujar Didik. Ia juga menegaskan bahwa kunjungan industri merupakan salah satu bentuk dukungan PLN Icon Plus terhadap dunia pendidikan, khususnya melalui Program Link & Match yang mempertemukan dunia pendidikan dan industri.

Program pendidikan yang diselenggarakan oleh PLN Icon Plus merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSL), terutama dalam pilar pendidikan, untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. Dengan demikian, para siswa diharapkan dapat memperoleh keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri dan memahami lebih dalam tentang dunia kerja sesuai dengan program keahlian yang mereka ambil.

Ketua Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan dan Telekomunikasi SMKN 2 Sukabumi, Lusy Mariasari, menyambut baik kunjungan industri ini sebagai bagian dari pembelajaran P5 yang akan mengenalkan para siswa dengan budaya kerja. Ia berharap kunjungan ini dapat menjadi awal dari kerja sama yang lebih erat, termasuk kesempatan untuk praktik kerja di PLN Icon Plus.

Melalui kegiatan ini, PLN Icon Plus tidak hanya berharap dapat meningkatkan sinergi dengan SMKN 2 Sukabumi, tetapi juga dengan dunia pendidikan secara umum. Perusahaan ini membuka peluang kerja sama dengan institusi pendidikan, khususnya di tingkat sekolah menengah atas dan kejuruan, seperti yang telah diungkapkan oleh Direktur Utama PLN Icon Plus dalam beberapa kesempatan.

"Sinergi dengan dunia pendidikan diharapkan dapat menciptakan keselarasan antara dunia industri dan pendidikan sehingga dunia pendidikan melahirkan lulusan yang siap kerja, memiliki kompetensi dan keahlian mumpuni sesuai kebutuhan industri," tegas Direktur Utama PLN Icon Plus.

Dengan demikian, melalui kegiatan kunjungan industri SMKN 2 Sukabumi, PLN Icon Plus sekali lagi membuktikan komitmennya dalam memajukan dunia pendidikan Indonesia untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Terkini