Wujud Kepedulian: PLN IP dan Pusat Latihan Gajah Sumatra

Kamis, 16 Mei 2024 | 21:17:27 WIB

Jakarta, PLN Indonesia Power, yang merupakan bagian dari subholding PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), telah menyediakan dukungan infrastruktur patroli untuk membantu dalam menjaga kelestarian Gajah Sumatra di Pusat Latihan Gajah (PLG) Sumatra, Padang Sugihan, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan.

Dukungan ini merupakan bagian dari komitmen PLN Indonesia Power, melalui Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Keramasan, dalam menjaga lingkungan, sebagaimana yang telah diatur dalam Memorandum of Understanding (MoU) dengan BKSDA Provinsi Sumatra Selatan sejak 2021.

Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung kegiatan patroli darat dan air untuk pengawasan dan perlindungan Gajah Sumatra di PLG Sumatra Padang Sugihan. Upaya ini sejalan dengan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, yang mendukung prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) terkait keanekaragaman hayati.

Kepala Balai KSDA Provinsi Sumatra Selatan, Ujang Wisnu Barata, menyatakan apresiasi atas dukungan PLN Indonesia Power dalam menjaga kelestarian gajah di Padang Sugihan. Kawasan ini, yang akan menjadi pusat konservasi gajah, akan melibatkan kontribusi dari berbagai pihak dalam pembangunan sarana dan prasarana.

Sarana dan prasarana patroli ini diserahkan oleh perwakilan dari PLN Indonesia Power kepada Kepala Balai KSDA Provinsi Sumatra Selatan. Dukungan ini mencakup kendaraan bermotor dan speedboat untuk meningkatkan efisiensi pemantauan di kawasan konservasi.

Aryati, dari PLN Indonesia Power, menegaskan bahwa ini adalah bagian dari komitmen perusahaan dalam menjaga lingkungan, sejalan dengan visi PLN green.

Djismun Kasrie, mewakili Dewan Pertimbangan Proper, menganggap kerja sama ini sebagai langkah yang positif dan berdampak baik pada pelestarian gajah dan pencapaian proper emas untuk PLN Indonesia Power UBP Keramasan.

Kerja sama ini juga diharapkan dapat memajukan ekowisata di Kabupaten Banyuasin, Sumsel, dengan potensi meningkatkan nilai ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Ini merupakan tahun ketiga dari kerja sama yang direncanakan antara BKSDA Sumsel dan PLN Indonesia Power UBP Keramasan, yang sebelumnya melibatkan pembangunan barak untuk pawang gajah dan penyediaan peralatan medis khusus.

Halaman :

Terkini