PLN IP UPDK Mahakam, Penyelamat Terumbu Karang dan Lingkungan di Samarinda

Kamis, 07 Desember 2023 | 14:36:58 WIB
PT PLN Indonesia Power  UPDK Mahakam, Kalimantan Timur, berkontribusi dalam pembentukan kampung iklim dan restorasi terumbu karang.

JAKARTA-PLN Indonesia Power UPDK Mahakam menunjukkan komitmennya dalam menjaga lingkungan di Kota Samarinda melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

PLN Indonesia Power UPDK Mahakam menunjukkan komitmennya dalam menjaga lingkungan di Kota Samarinda melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Salah satu program yang dijalankan adalah Restorasi Ekosistem Laut Muara Badak dengan melaksanakan Transplantasi Terumbu Karang. Program ini berhasil merestorasi terumbu karang yang sebelumnya rusak akibat pengeboman ikan.

Transplantasi terumbu karang yang dilakukan oleh PLN IP UPDK Mahakam telah menghasilkan lebih dari 10.000 bibit terumbu karang yang ditanam di area seluas 1 hektar. Bibit terumbu karang tersebut berasal dari laboratorium terumbu karang yang dikelola oleh PLN IP UPDK Mahakam.

Program ini berdampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat melalui sektor pariwisata. Terumbu karang yang telah direstorasi menjadi daya tarik baru bagi wisatawan, sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Samarinda.

Selain itu, PLN IP UPDK Mahakam juga terlibat aktif dalam pembinaan, peningkatan, dan penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda. Program ini melibatkan sejumlah kegiatan seperti water harvesting, penanaman pohon, pembuatan hidroponik, pengelolaan sampah, dan penguatan kapasitas kemandirian ekonomi.

Program Kampung Iklim yang dijalankan oleh PLN IP UPDK Mahakam telah memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, seperti meningkatkan ketersediaan air bersih, mengurangi polusi udara, dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Manajer PLN IP UPDK Mahakam, Andi Rizal, mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menjaga lingkungan di Kota Samarinda. Komitmen ini diwujudkan melalui program TJSL yang dijalankan oleh perusahaan.

Terkini