PLN Indonesia Power: Kontribusi Luar Biasa untuk Peningkatan Kota Samarinda

Selasa, 28 November 2023 | 13:29:57 WIB

JAKARTA-PLN Indonesia Power memperoleh penghargaan istimewa dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) atas peran pentingnya di Kampung Iklim Kota Samarinda. Melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), perusahaan ini aktif terlibat dalam Pembinaan, Peningkatan, dan Penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda. Selain itu, PLN IP juga terlibat dalam Restorasi Ekosistem Laut Muara Badak melalui Transplantasi Terumbu Karang.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menegaskan bahwa melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang menciptakan Creating Shared Value (CSV), PLN IP memiliki komitmen untuk memberikan kontribusi lebih besar dalam meningkatkan aspek ekonomi, sosial, kesehatan, dan lingkungan.

"Setiap program TJSL yang dijalankan oleh PLN Indonesia Power diharapkan dapat menciptakan Creating Shared Value (CSV), sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," ujar Edwin.

Perlu dicatat bahwa UPDK Mahakam, bagian dari PLN IP, saat ini tengah aktif dalam kegiatan pembinaan, peningkatan, dan penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda. Program ini melibatkan berbagai kegiatan, termasuk water harvesting, penanaman pohon, pembuatan hidroponik, pengelolaan sampah, dan peningkatan kapasitas kemandirian ekonomi. Upaya ini mencerminkan komitmen PLN Indonesia Power UPDK Mahakam terhadap aspek Environmental, Social & Governance (ESG).

Selain itu, berhasil merestorasi terumbu karang yang rusak di sepanjang pesisir Muara Badak menjadi salah satu prestasi mereka. Pertumbuhan terumbu karang meningkat secara signifikan, mencapai 100%. Dampak positifnya sudah dirasakan oleh masyarakat, dengan pulihnya keindahan bawah laut Muara Badak yang berkontribusi pada peningkatan jumlah wisatawan sebanyak 133%, memberikan manfaat tidak hanya pada sektor pariwisata tetapi juga pada perekonomian lokal.

Terkini