PLN Indonesia Power Menggelar Inisiatif Konservasi Penyu Hijau dan Belimbing di TWA Batuputih

Selasa, 28 November 2023 | 12:01:57 WIB

JAKARTA-Unit PLN Indonesia Power, PLTP Lahendong, telah menyelenggarakan kegiatan pelepasliaran tukik penyu hijau dan penyu belimbing di kawasan konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Batuputih. Sebanyak 45 ekor penyu hijau (Chelonia mydas) dan 35 ekor penyu belimbing (Dermochelys coriacea) dilepasliarkan dalam acara ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat fungsi kawasan pengawetan satwa melalui Konservasi Penyu Hijau, sekaligus menegaskan komitmen PLN Indonesia Power Kamojang POMU unit PLTP Lahendong sebagai pembangkit listrik berbasis energi hijau dalam melestarikan satwa yang dilindungi.

Penyu Hijau (Chelonia Mydas), yang dilindungi oleh undang-undang dan memiliki status Terancam dalam IUCN Red List, menggunakan kawasan pesisir pantai TWA Batuputih sebagai tempat bertelurnya, suatu informasi yang kurang dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Program Konservasi Penyu Hijau di TWA Batuputih, dengan kerjasama BKSDA Sulawesi Utara dan kelompok masyarakat terkait, memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata baru yang menggabungkan pemanfaatan satwa dilindungi, meningkatkan perekonomian lokal, dan meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar untuk turut serta dalam menjaga dan melestarikan populasi penyu hijau yang semakin terancam.

Terkini