JAKARTA - PLN Indonesia Power (PLN IP), anak perusahaan PT PLN (Persero) yang berfokus pada pembangkitan tenaga listrik, menegaskan komitmennya untuk menyelaraskan kegiatan bisnis dengan kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan.
Edwin Nugraha Putra, Direktur Utama PLN Indonesia Power, menyatakan bahwa kesejahteraan masyarakat adalah bagian penting dari kesuksesan PLN IP. Program-program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang dijalankan selaras dengan visi dan misi PLN, yaitu menerangi dan menggerakkan negeri.
"Kami yakin bahwa dengan menjalankan program TJSL yang tepat, PLN IP dapat berkontribusi dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat dan lingkungan sekitar," ujar Edwin.
Edwin menjelaskan bahwa PLN Indonesia Power menjalankan proses bisnis dengan berfokus pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang seimbang dan berkelanjutan melalui empat pilar utama: Ekonomi, Sosial, Lingkungan, dan Tata Kelola. TJSL telah menjadi bagian dari strategi bisnis perusahaan sebagai upaya manajemen risiko, dengan perencanaan yang cermat dan pemilihan program yang tepat sasaran.
"Hal ini sesuai dengan ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility yang telah diadopsi menjadi SNI ISO 26000:2013," tambahnya.
Menurut Edwin, program-program TJSL yang dijalankan oleh PLN Indonesia Power terbukti mampu menghasilkan nilai manfaat bersama (Creating Shared Value) antara perusahaan, pemangku kepentingan, dan masyarakat sekitar.
PLN IP berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan program TJSL agar memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat dan lingkungan. Dengan menjalankan program TJSL yang berkelanjutan, PLN IP yakin dapat berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan bangsa yang sejahtera, demokratis, dan adil makmur.
"Menjadi perusahaan yang berkelanjutan adalah tujuan yang ingin dicapai oleh semua perusahaan, termasuk PLN IP. Hal ini tertuang dalam pernyataan visi perusahaan, dan PLN IP berkomitmen untuk secara konsisten menjalankan kerangka kerja ESG serta terus berkontribusi dalam pencapaian SDGs dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, karena kami yakin kesejahteraan masyarakat adalah bagian dari kesuksesan perusahaan," kata Edwin.
Komitmen PLN IP dalam menjalankan program-program CSR yang terintegrasi dengan prinsip-prinsip ESG dan SDGs mendapatkan apresiasi. Dalam acara Economic Review-Ideku Group bertema “Berbagi Aksi dan Solusi Perusahaan melalui CSR-SGD-ESG untuk Mempercepat Pencapaian Membangun Bangsa yang Sejahtera, Demokratis dan Adil Makmur”, PLN IP meraih dua penghargaan bergengsi:
1. The Best Indonesia CSR-SGD-ESG Award Category Juara Umum dengan skor 96,10 2. The Best Commitment CEO for CSR-SGD-ESG yang diraih oleh Direktur Utama PLN IP, Edwin Nugraha Putra, dengan skor 95,70.
"Pencapaian ini menjadi motivasi bagi PLN IP untuk terus meningkatkan kinerja dan komitmennya dalam menjalankan program-program CSR yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat," tutup Edwin.