Menginspirasi Perubahan: Kisah Sukses Kolaborasi PLN Icon Plus dan UMBARA dalam Pendidikan

Rabu, 15 Mei 2024 | 18:19:57 WIB

JAKARTA - PLN Icon Plus dan Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA) telah bergabung dalam upaya menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih hijau. Mereka baru-baru ini menandatangani Nota Kesepahaman untuk mengembangkan digitalisasi kampus dan menerapkan konsep Smart and Green Campus.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menyatakan bahwa kerja sama ini adalah bukti konkret dari komitmen mereka untuk mendukung lingkungan yang lebih hijau, terutama dalam pendidikan. Mereka berharap bahwa dengan menerapkan solusi cerdas dan ramah lingkungan, lingkungan hijau ini akan menjadi tidak hanya inovatif tetapi juga berkelanjutan.

PLN Icon Plus, yang merupakan bagian dari PT PLN (Persero), bertanggung jawab atas infrastruktur internet, multimedia, Internet of Things (IoT), panel surya, sistem manajemen energi, perangkat lunak, dan kendaraan listrik. Mereka juga mengembangkan aplikasi super PLN Mobile untuk meningkatkan layanan pelanggan mereka. Semua ini sejalan dengan komitmen UMBARA untuk menjadi pelopor dalam memerangi pemanasan global, yang tercermin dalam konsep “Smart and Green Campus”.

UMBARA akan menerapkan inovasi-inovasi tersebut untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi emisi karbon. Melalui kerja sama ini, mereka akan memulai proyek uji coba yang meliputi teknologi sensor untuk manajemen data dan keamanan, serta platform digital untuk mendukung administrasi dan akademik. Mereka berharap inisiatif ini dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi lain dalam menerapkan prinsip-prinsip lingkungan hijau yang berkelanjutan.

Rektor UMBARA, Edi Sukardi, menyatakan keyakinannya bahwa pendidikan dan teknologi dapat saling mendukung untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau dan cerdas. Dukungan dari PLN Icon Plus tidak hanya memperkuat infrastruktur lingkungan hijau di kampus mereka, tetapi juga memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dengan teknologi terkini.

Implementasi dan pengembangan inisiatif ini juga mendapat sambutan baik dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, diharapkan akan menjadi pilar penting dalam mewujudkan visi masa depan pendidikan Indonesia yang lebih hijau, melalui peningkatan kualitas pendidikan didukung oleh inovasi dan lingkungan hijau yang berkelanjutan.

Terkini