Kunjungan Industri SMKN 2 Sukabumi ke Kantor NOC PLN Icon Plus: Meningkatkan Sinergi antara Pendidikan dan Industri

Sabtu, 18 Mei 2024 | 02:52:17 WIB

JAKARTA-SMKN 2 Sukabumi, sebagai salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa untuk dunia kerja, melakukan kunjungan industri ke Kantor Network Operation Center (NOC) PLN Icon Plus di Gandul, Depok. Kunjungan ini merupakan bagian dari Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan langsung kepada siswa/i SMKN 2 Sukabumi tentang industri dan dunia kerja.

Kedatangan 70 siswa/i disambut dengan hangat oleh Tim PLN Icon yang dipimpin oleh Manager Management Gangguan Jaringan – Enterprise PLN Icon Plus, Didik Nurjayadi. Agenda kunjungan dimulai dengan perkenalan dan paparan tentang PLN Icon Plus yang disampaikan oleh Didik. Dalam paparannya, Didik menjelaskan tentang peran dan fungsi NOC PLN Icon Plus dalam mengelola jaringan listrik dan telekomunikasi.

"Dengan kunjungan industri ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru untuk teman-teman semua (siswa/i SMKN 2 Sukabumi)," ujar Didik, menekankan pentingnya kunjungan ini sebagai bagian dari upaya PLN Icon Plus dalam mendukung dunia pendidikan.

Didik juga menyampaikan bahwa kunjungan industri merupakan salah satu bentuk dukungan PLN Icon Plus kepada dunia pendidikan, khususnya dalam program Link & Match yang mempertemukan dunia pendidikan dengan industri. Program ini bertujuan untuk memastikan bahwa lulusan sekolah kejuruan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Ketua Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan dan Telekomunikasi SMKN 2 Sukabumi, Lusy Mariasari, S. Kom, mengungkapkan bahwa kunjungan industri merupakan bagian integral dari pembelajaran P5 yang bertujuan untuk mengenalkan siswa dengan budaya kerja dan lingkungan industri.

"Ini adalah tahun kedua kami melakukan kunjungan ke PLN Icon Plus. Kami berharap kegiatan ini dapat berlanjut ke kerja sama selanjutnya, seperti praktik kerja," jelas Lusy, yang juga menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat yang selalu diberikan oleh PLN Icon Plus kepada SMKN 2 Sukabumi.

Melalui kegiatan kunjungan industri ini, PLN Icon Plus berharap dapat memperkuat sinergi dengan SMKN 2 Sukabumi dan dunia pendidikan secara umum. Perusahaan juga membuka kesempatan untuk kerja sama dengan institusi pendidikan, terutama di tingkat sekolah menengah atas dan kejuruan. Direktur Utama PLN Icon Plus telah menegaskan komitmennya dalam mendukung sinergi antara dunia industri dan pendidikan.

"Dengan sinergi antara dunia pendidikan dan industri, diharapkan dapat diciptakan lulusan yang siap kerja, memiliki kompetensi dan keahlian sesuai dengan kebutuhan industri," tegas Direktur Utama PLN Icon Plus.

Kunjungan industri SMKN 2 Sukabumi ke Kantor NOC PLN Icon Plus merupakan langkah konkret dalam mendukung pendidikan kejuruan dan memperkuat hubungan antara sekolah dan industri.

Terkini