Memperkuat Sinergi Industri-Pendidikan: Kunjungan Inspiratif SMKN 2 Sukabumi ke Kantor NOC PLN Icon Plus

Kamis, 16 Mei 2024 | 02:36:01 WIB

JAKARTA-SMKN 2 Sukabumi mendukung Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan melakukan kunjungan industri yang berkesan ke Kantor NOC (Network Operation Center) PLN Icon Plus di Gandul, Depok. Kedatangan 70 siswa/i dari SMKN 2 Sukabumi disambut hangat oleh Tim PLN Icon, yang dipimpin oleh Manager Management Gangguan Jaringan – Enterprise PLN Icon Plus, Didik Nurjayadi.

Kegiatan dimulai dengan perkenalan dan paparan tentang PLN Icon Plus oleh Didik. Dalam paparannya, Didik menjelaskan seluk beluk NOC PLN Icon Plus dengan harapan kunjungan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan para siswa.

Didik juga menekankan bahwa kunjungan industri merupakan bentuk dukungan PLN Icon Plus terhadap dunia pendidikan, khususnya melalui Program Link & Match antara dunia pendidikan dan industri. Program dan kegiatan pendidikan yang diselenggarakan oleh PLN Icon Plus juga merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan, terutama dalam pilar pendidikan, untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

Menurut Ketua Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan dan Telekomunikasi SMKN 2 Sukabumi, Lusy Mariasari, kunjungan industri menjadi bagian penting dari pembelajaran P5 untuk mengenalkan para siswa dengan budaya kerja. Dia berharap kunjungan ini dapat berlanjut ke kerjasama selanjutnya, seperti praktik kerja, dan mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang selalu diberikan oleh PLN Icon Plus.

Melalui kegiatan ini, PLN Icon Plus berharap dapat membangun sinergi dengan SMKN 2 Sukabumi dan dunia pendidikan secara umum. Perusahaan ini juga membuka kesempatan kerjasama dengan institusi pendidikan, khususnya untuk jenjang sekolah menengah atas dan kejuruan, seperti yang telah ditegaskan oleh Direktur Utama PLN Icon Plus.

Lebih lanjut, PLN Icon Plus melakukan upaya nyata untuk memperkuat ekosistem dan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia dengan mengadakan Event EV Journey Experience dari Jakarta menuju Mandalika. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membuktikan kesiapan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia serta menunjukkan bahwa perjalanan jarak jauh dengan menggunakan mobil listrik dapat dilakukan secara aman, nyaman, dan tanpa hambatan.

Dalam perjalanan sejauh 1.375 kilometer ini, 27 peserta menggunakan mobil listrik dari 6 merek yang berbeda, melintasi 7 checkpoint dan 75 titik Stasiun Pengecasan Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di sepanjang rute perjalanan. Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menyatakan bahwa perjalanan ini merupakan manifestasi kesiapan dan keandalan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, serta komitmen PLN Icon Plus dalam mendukung mobilisasi ramah lingkungan.

Kegiatan EV Journey Experience ini bukan hanya mendemonstrasikan kemampuan teknis dan kesiapan ekosistem kendaraan listrik, tetapi juga menawarkan pengalaman unik bagi para peserta untuk menikmati keindahan alam Indonesia melalui perjalanan yang ramah lingkungan. Ini merupakan bagian dari inisiatif PLN Icon Plus untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan mendorong masyarakat beralih ke energi hijau.

Event ini juga menandai dimulainya sebuah perjalanan menuju masa depan energi yang lebih bersih dan hijau, serta menunjukkan komitmen bersama antara PLN Icon Plus dan produsen mobil listrik dalam membangun ekosistem kendaraan listrik yang andal.

Halaman :

Terkini