Penataan Jaringan Kabel Fiber Optik oleh PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Barat: Mewujudkan Keamanan dan Estetika Kota

Kamis, 16 Mei 2024 | 02:10:33 WIB

JAKARTA-PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Barat kembali menjalin kolaborasi yang erat dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung serta APJATEL (Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi) dalam rangka melaksanakan penataan jaringan kabel fiber optik. Upaya ini merupakan bagian dari agenda berkelanjutan PLN Icon Plus untuk mengoptimalkan serta menjaga aset strategis PLN, sekaligus sejalan dengan visi pemerintah setempat dalam meningkatkan keindahan dan estetika kota.

Ari Rahmat Indra Cahyadi, Direktur Utama PLN Icon Plus, menekankan pentingnya penataan dan penertiban kabel optik sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap keselamatan dan peningkatan keandalan serta kualitas jaringan internet. Langkah ini tidak hanya mencakup aspek teknis semata, namun juga memberikan dukungan yang kuat terhadap upaya pemerintah dalam menjaga keindahan tata kota, terutama di Kota Bandung yang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat dan destinasi wisata terkenal.

Salah satu kegiatan penataan jaringan telematika yang dilakukan adalah perapihan kabel optik di sekitar Jalan Raya Pasteur, Kota Bandung. Wahyu Toni Hermawan, Senior Manager PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Bagian Barat, menjelaskan bahwa langkah ini tidak hanya bertujuan untuk menjaga aset jaringan listrik PLN, tetapi juga merupakan dukungan terhadap program rutin Pemerintah Kota Bandung dalam penataan kabel udara. Hal ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama untuk menjaga keamanan, kenyamanan, dan estetika Kota Bandung.

"Dengan adanya kerjasama ini, kita secara rutin bersinergi dengan Pemkot Bandung untuk mengikuti kegiatan penataan dan perapihan kabel, tidak hanya di sekitar jalan raya Pasteur, namun akan terus berlanjut di beberapa jalan baik di Kota Bandung maupun di wilayah Jawa Barat. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga keindahan kota Bandung dan memastikan kehandalan jaringan telekomunikasi di seluruh Jawa Barat," ungkap Wahyu Toni.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat tercapai tujuan menjaga keberlangsungan aset strategis PLN serta keberlanjutan distribusi listrik yang aman bagi masyarakat. Dengan kolaborasi yang kuat antara PLN Icon Plus, Pemerintah Kota Bandung, dan para pemangku kepentingan terkait, langkah-langkah untuk meningkatkan infrastruktur telekomunikasi dan memperindah tata kota dapat terus dilakukan secara berkelanjutan.

Terkini