Komitmen Berkelanjutan: PLN IP dan Pelestarian Fauna

Selasa, 14 Mei 2024 | 21:17:35 WIB

Jakarta, PLN Indonesia Power (PLN IP), bagian dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), memberikan dukungan bagi upaya pelestarian Gajah Sumatra di Pusat Latihan Gajah (PLG) Sumatra Padang Sugihan, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan. Ini dilakukan melalui penyediaan sarana patroli yang diperlukan untuk menjaga hewan-hewan yang dilindungi tersebut.

Komitmennya dalam menjaga lingkungan tercermin dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara PLN Indonesia Power UBP Keramasan dengan BKSDA Provinsi Sumatra Selatan sejak tahun 2021. Kerja sama ini memberikan dukungan sarana dan prasarana untuk kegiatan patroli darat dan air guna pengawasan dan perlindungan gajah-gajah tersebut.

Inisiatif ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, sejalan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) terkait pelestarian keanekaragaman hayati.

Ucapan apresiasi diberikan oleh Kepala Balai KSDA Provinsi Sumatra Selatan atas dukungan yang konsisten dari PLN Indonesia Power sejak tahun 2021. Kawasan PLG Sumatra Padang Sugihan, yang akan menjadi pusat konservasi gajah, diharapkan dapat melibatkan berbagai pihak dalam upaya pelestariannya.

Penyerahan sarana dan prasarana patroli dilakukan oleh perwakilan PLN Indonesia Power kepada Kepala Balai KSDA Provinsi Sumatra Selatan, sebagai bagian dari upaya PLN untuk mendukung transformasi menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan.

Harapan besar dari kerja sama ini adalah mengembangkan ekowisata di Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, yang diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi dan taraf hidup masyarakat sekitar.

Kerja sama ini merupakan bagian dari rangkaian program yang telah direncanakan selama lima tahun, dimulai dengan pembangunan barak bagi pawang gajah dan penyediaan peralatan medis khusus sebelumnya.

Terkini