Pemanfaatan Pohon Gamal dan Kaliandra oleh PLN IP untuk Energi Terbarukan di Cilacap

Minggu, 28 April 2024 | 02:45:24 WIB

JAKARTA - Dalam langkah mempercepat pencapaian Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060, PLN Indonesia Power, melalui anak perusahaannya PT Artha Daya Coalindo (ADC), tengah membangun ekosistem biomassa di Indonesia. Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk mengurangi dampak emisi karbon. Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menyebutkan bahwa pembangunan ekosistem biomassa ini termasuk dalam program Hutan Tanaman Energi, yang bertujuan sebagai alternatif bahan bakar yang ramah lingkungan.

Salah satu contohnya adalah pemanfaatan biomassa di PLTU Adipala, yang terletak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Melalui kerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa/Bumdes di Kabupaten Cilacap, PLN Indonesia Power berharap dapat memenuhi target pemanfaatan biomassa hingga 42.000 ton per tahun di PLTU Adipala, dengan dampak penurunan emisi sebesar 48.531,47 Ton CO2.

Proyek ini melibatkan penanaman pohon Gamal dan Kaliandra di tiga kecamatan di Kabupaten Cilacap dengan luas lahan mencapai 100 hektare. Selain mengurangi emisi, PLN Indonesia Power juga berupaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dengan melibatkan mereka dalam penyediaan biomassa.

PLN Indonesia Power juga telah melakukan berbagai pengembangan teknologi, seperti pengembangan biomass cofiring, yang berhasil menurunkan emisi CO2 di beberapa lokasi. Implementasi cofiring ini dianggap sebagai salah satu solusi terbaik untuk menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan sumber daya energi terbarukan bersama dengan bahan bakar konvensional, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi dampak lingkungan.

Terkini