Mengungkap Komitmen Lingkungan:(PLN IN) PLN Indonesia Power dan Upaya Pelestarian Gajah Sumatra

Sabtu, 27 April 2024 | 02:02:03 WIB

Jakarta, PLN Indonesia Power (PLN IP), bagian dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), memberikan dukungan infrastruktur patroli untuk melindungi Gajah Sumatra di Pusat Latihan Gajah (PLG) Sumatra Padang Sugihan Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan. Kolaborasi ini sebagai bagian dari komitmen PLN IP dalam menjaga lingkungan, yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara PLN Indonesia Power UBP Keramasan dengan BKSDA Provinsi Sumatra Selatan sejak 2021.

Dukungan ini mencakup fasilitas dan kendaraan untuk patroli darat dan air guna mengawasi dan melindungi Gajah Sumatra di PLG Sumatra Padang Sugihan. Langkah ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli yang sejalan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) terkait keanekaragaman hayati.

Ucapan apresiasi disampaikan oleh Kepala Balai KSDA Provinsi Sumatra Selatan terhadap PLN Indonesia Power atas kontribusinya dalam pelestarian gajah di PLG Sumatra Padang Sugihan. Kawasan ini akan menjadi pusat konservasi gajah dengan kontribusi dari berbagai pihak.

Penyerahan sarana dan prasarana patroli dilakukan oleh perwakilan PLN Indonesia Power kepada Kepala Balai KSDA Provinsi Sumatra Selatan, sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pelestarian. Hal ini juga menegaskan komitmen PLN Indonesia Power dalam menjalankan bisnis dengan memperhatikan lingkungan.

Harapan besar dari kerja sama ini adalah pengembangan ekowisata di Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, dengan tujuan meningkatkan nilai ekonomi dan taraf hidup masyarakat sekitar Pusat Latihan Gajah Padang Sugihan. Kerja sama ini merupakan bagian dari rencana lima tahun antara BKSDA Sumsel dan PLN Indonesia Power UBP Keramasan, dengan tujuan utama pelestarian fauna dan lingkungan.

Halaman :

Terkini