Pendidikan Berkelanjutan: Peran PLN Icon Plus dan UMBARA dalam Ekosistem Hijau

Senin, 13 Mei 2024 | 20:27:53 WIB

JAKARTA - PLN Icon Plus dan Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA) telah bergandengan tangan untuk membangun lingkungan pendidikan yang ramah lingkungan. Mereka telah menandatangani kesepakatan untuk mengembangkan digitalisasi kampus serta menerapkan konsep Smart and Green Campus.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menyatakan bahwa kerjasama ini adalah bukti komitmen mereka untuk mendukung lingkungan yang lebih hijau, khususnya di sektor pendidikan. Melalui penerapan solusi pintar dan ramah lingkungan di kampus, mereka berharap lingkungan tersebut tidak hanya menjadi pusat inovasi tetapi juga berkelanjutan.

PLN Icon Plus, yang merupakan bagian dari PT PLN (Persero) Beyond kWh, akan menyediakan infrastruktur seperti internet, multimedia, Internet of Things (IoT), panel surya, sistem manajemen energi, perangkat lunak, dan kendaraan listrik. Mereka juga akan memperkuat layanan pelanggan melalui aplikasi super PLN Mobile. Semua ini sejalan dengan visi UMBARA untuk menjadi pelopor dalam melawan pemanasan global, dengan menerapkan konsep "Smart and Green Campus".

UMBARA akan mengadopsi berbagai inovasi ini untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi emisi karbon. Salah satu proyek awal yang diinisiasi adalah penggunaan teknologi sensor untuk pengelolaan data dan keamanan, serta platform digital untuk administrasi dan akademik.

Rektor UMBARA, Edi Sukardi, percaya bahwa pendidikan dan teknologi dapat bersinergi dalam menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan cerdas. Dukungan dari PLN Icon Plus diharapkan tidak hanya memperkuat infrastruktur hijau di kampus, tetapi juga meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa melalui teknologi terbaru.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor juga memberikan dukungan atas inisiatif ini, dengan harapan dapat menjadi pendorong utama dalam mewujudkan pendidikan Indonesia yang lebih hijau melalui peningkatan kualitas pendidikan yang didukung oleh inovasi dan lingkungan yang berkelanjutan.

Terkini