Meniti Jalan Hijau: Kolaborasi PLN Icon Plus dan UMBARA di Bidang Pendidikan

Sabtu, 11 Mei 2024 | 20:24:34 WIB

Jakarta, PLN Icon Plus dan Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA) telah menjalin kemitraan untuk mempromosikan ekosistem yang ramah lingkungan di bidang pendidikan. Kerjasama ini diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman yang bertujuan untuk mengembangkan digitalisasi kampus dan menerapkan konsep Smart and Green Campus.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menyatakan bahwa kerjasama ini menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung ekosistem hijau, terutama di sektor pendidikan. Melalui penerapan solusi smart dan green campus, mereka berharap ekosistem ini tidak hanya menjadi inovatif tetapi juga berkelanjutan.

PLN Icon Plus, sebagai bagian dari PT PLN (Persero) yang fokus pada bidang Beyond kWh, bertanggung jawab dalam menyediakan infrastruktur seperti internet, multimedia, Internet of Things (IoT), panel surya (PV), sistem manajemen energi (EMS), perangkat lunak, dan ekosistem kendaraan listrik (EV). Mereka juga mengembangkan super-aplikasi PLN Mobile untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan.

UMBARA, di sisi lain, berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam upaya pencegahan pemanasan global melalui konsep Smart and Green Campus. Mereka akan menerapkan inovasi-inovasi tersebut untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi emisi karbon.

Kerjasama ini mencakup proyek percobaan yang mencakup teknologi sensor untuk pengelolaan data dan keamanan, serta platform digital untuk mendukung administrasi dan akademik. Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi lain dalam menerapkan prinsip-prinsip ekosistem hijau yang berkelanjutan.

Rektor UMBARA, Edi Sukardi, menyatakan bahwa pendidikan dan teknologi dapat bersinergi untuk menciptakan masa depan yang lebih ramah lingkungan dan cerdas. Dukungan dari PLN Icon Plus tidak hanya memperkuat infrastruktur ekosistem hijau di lingkungan kampus, tetapi juga memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dengan teknologi terkini.

Implementasi dan pengembangan inisiatif ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor dan diharapkan dapat menjadi pilar utama dalam mewujudkan visi masa depan pendidikan Indonesia yang lebih ramah lingkungan melalui peningkatan kualitas pendidikan yang didukung oleh inovasi dan ekosistem hijau yang berkelanjutan.

Halaman :

Terkini