PLN Indonesia Power Berkomitmen dalam Pelestarian Gajah Sumatra

Senin, 08 April 2024 | 13:29:38 WIB

JAKARTA-PLN Indonesia Power (PLN IP), sebagai subholding PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), telah menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan dan khususnya dalam pelestarian Gajah Sumatra. Melalui Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Keramasan, PLN IP memberikan dukungan prasarana patroli darat dan air untuk Pusat Latihan Gajah Sumatra (PLG) Padang Sugihan Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan.

Dukungan ini tercermin dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara PLN IP UBP Keramasan dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatra Selatan sejak tahun 2021. Tujuan kerja sama ini adalah untuk mendukung kegiatan patroli dan pengawasan di PLG Sumatra Padang Sugihan.

Keberhasilan kerja sama ini menjadi bukti nyata komitmen PLN IP dalam menjaga keberagaman hayati dan mendukung program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, yang selaras dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

Pada upacara serah terima, PLN IP menyumbangkan sarana dan prasarana patroli, termasuk kendaraan bermotor dan speedboat, kepada BKSDA Provinsi Sumatra Selatan. Hal ini diapresiasi oleh pihak BKSDA sebagai upaya nyata dalam melestarikan Gajah Sumatra.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan PLN IP menyatakan komitmennya dalam mendukung transformasi PLN menuju lingkungan yang lebih hijau. Selain itu, kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari Dewan Pertimbangan Proper sebagai langkah yang baik dalam pencapaian proper emas untuk PLN IP UBP Keramasan.

Harapan besar dari kerja sama ini adalah dapat mengembangkan ekowisata di Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, yang diharapkan akan meningkatkan nilai ekonomi dan taraf hidup masyarakat setempat. Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dalam pelestarian fauna di Suaka Margasatwa Padang Sugihan.

Terkini