PLN Indonesia Power Mendukung Pelestarian Gajah Sumatra Melalui Prasarana Patroli dan Kolaborasi Lingkungan

Senin, 01 April 2024 | 13:26:16 WIB

JAKARTA-PLN Indonesia Power (PLN IP) secara aktif turut serta dalam upaya pelestarian Gajah Sumatra dengan memberikan dukungan prasarana patroli kepada Pusat Latihan Gajah Sumatra (PLG) di Padang Sugihan, Sumatra Selatan. Melalui kerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatra Selatan, PLN IP menegaskan komitmennya dalam pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menekankan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli yang sejalan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Melalui MoU antara PLN IP dan BKSDA sejak tahun 2021, PLN IP berkomitmen untuk mendukung kegiatan patroli darat dan air dalam pengawasan dan perlindungan Gajah Sumatra di PLG Sumatra Padang Sugihan.

Ujang Wisnu Barata, Kepala Balai KSDA Provinsi Sumatra Selatan, menyampaikan apresiasi atas dukungan PLN IP dalam pelestarian gajah di PLG Sumatra Padang Sugihan. Sarana dan prasarana patroli yang diserahkan oleh PLN IP diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pemantauan dan perlindungan terhadap gajah yang ada.

Aryati, Vice President Corporate Communication and CSR PLN Indonesia Power, menegaskan bahwa dukungan ini merupakan wujud nyata dari komitmen PLN IP dalam menjalankan bisnis berwawasan lingkungan. Dalam menjaga lingkungan, PLN IP juga berharap agar pembinaan terhadap gajah binaan dari BKSDA Provinsi Sumatra Selatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Kerjasama antara BKSDA Provinsi Sumatra Selatan dan PLN Indonesia Power UBP Keramasan merupakan bagian dari upaya yang lebih besar untuk pelestarian fauna di Suaka Margasatwa Padang Sugihan. Diharapkan kerja sama ini dapat meningkatkan nilai ekonomi dan taraf hidup masyarakat sekitar melalui pengembangan ekowisata di Kabupaten Banyuasin, Sumsel.

Terkini