PLN Indonesia Power Dukung Pelestarian Gajah Sumatra dengan Sarana Patroli dan Prasarana BKSDA

Minggu, 07 April 2024 | 13:24:43 WIB

JAKARTA-PLN Indonesia Power (PLN IP), bagian dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), menunjukkan komitmen dalam pelestarian lingkungan dengan memberikan dukungan prasarana patroli untuk Pusat Latihan Gajah Sumatra di Padang Sugihan, Sumatra Selatan. Melalui Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Keramasan, PLN IP telah menjalin kerjasama dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatra Selatan sejak tahun 2021.

Dukungan ini berupa kendaraan dan peralatan patroli darat dan air untuk pengawasan dan perlindungan Gajah Sumatra yang terancam punah di PLG Sumatra Padang Sugihan. Hal ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, sejalan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) terkait keanekaragaman hayati.

Kepala BKSDA Provinsi Sumatra Selatan, Ujang Wisnu Barata, menyampaikan apresiasi atas dukungan konsisten PLN IP dalam pelestarian Gajah Sumatra di Padang Sugihan. Kerja sama ini membantu dalam membangun pusat konservasi gajah dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keberadaan fauna langka ini.

Dalam acara penyerahan sarana dan prasarana patroli, yang dihadiri oleh perwakilan PLN IP dan BKSDA, diharapkan bahwa penggunaan kendaraan dan peralatan ini akan meningkatkan efektivitas pemantauan dan perlindungan terhadap Gajah Sumatra. Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan dapat meningkatkan nilai ekowisata di Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, sehingga memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat setempat.

Dukungan PLN IP dalam pelestarian Gajah Sumatra merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung transformasi menjadi perusahaan yang berwawasan lingkungan. Melalui kerja sama ini, diharapkan upaya pelestarian lingkungan dan konservasi fauna dapat terus dilakukan untuk menjaga keberagaman hayati di Indonesia.

Terkini