PLN Indonesia Power UBP Labuan Melampaui Target Green Energy dengan Cofiring: Menuju Net Zero Emission 2060

Senin, 08 April 2024 | 12:59:52 WIB

JAKARTA-PLN Indonesia Power (IP) Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Labuan telah mencapai pencapaian yang mengesankan dalam produksi listrik dari bahan bakar ramah lingkungan (green energy), melebihi target sebesar 179 persen. Capaian ini menegaskan komitmen perusahaan dalam menerapkan cofiring untuk mendukung visi Net Zero Emission pada tahun 2060.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menekankan bahwa penerapan cofiring di PLTU Labuan merupakan langkah inovatif dalam menurunkan emisi karbon di sektor kelistrikan. Ini menjadi salah satu terobosan PLN Indonesia Power yang signifikan dalam program dekarbonisasi nasional.

Edwin menyatakan kepuasannya dengan hasil penerapan cofiring di PLTU Labuan, yang berhasil menghasilkan green energy sebesar 75,5 juta kWh, melampaui target sebesar 179 persen. Hal ini dicapai dengan penggunaan biomassa sawdust sebagai substitusi bahan bakar batu bara.

Dalam upaya mendukung pengembangan energi hijau, PLN IP selalu berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon dengan mengembangkan green energy. Cofiring menjadi salah satu strategi yang digunakan, sebagai Green Booster dengan investasi minimal, untuk mencapai target porsi Energi Baru Terbarukan (EBT) pada bauran energi sebesar 23% pada tahun 2025.

Terkini