PLN IP UPDK Mahakam Selamatkan Terumbu Karang dan Dukung Kemandirian Ekonomi Masyarakat Samarinda

Selasa, 12 Desember 2023 | 14:12:58 WIB
PT PLN Indonesia Power  UPDK Mahakam, Kalimantan Timur, berkontribusi dalam pembentukan kampung iklim dan restorasi terumbu karang.

JAKARTA-PLN Indonesia Power Unit Pembangkitan Daya Kalimantan (UPDK) Mahakam menunjukkan komitmennya dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Samarinda melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Salah satu program TJSL yang dijalankan UPDK Mahakam adalah Restorasi Ekosistem Laut Muara Badak dengan melaksanakan Transplantasi Terumbu Karang. Program ini berhasil merestorasi 200 hektar terumbu karang yang sebelumnya rusak akibat pengeboman ikan.

Selain itu, UPDK Mahakam juga terlibat aktif dalam pembinaan, peningkatan, dan penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda. Program ini melibatkan sejumlah kegiatan seperti water harvesting, penanaman pohon, pembuatan hidroponik, pengelolaan sampah, dan penguatan kapasitas kemandirian ekonomi.

"Program TJSL yang kami jalankan merupakan komitmen kami untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Kota Samarinda," ujar Direktur Utama UPDK Mahakam, Muhamad Irfan.

"Kami ingin memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat, baik dari sisi lingkungan maupun perekonomian," imbuhnya.

Upaya UPDK Mahakam dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Samarinda merupakan wujud nyata dari komitmen perusahaan terhadap aspek Environmental, Social & Governance (ESG).

Terkini