PLN Indonesia Power Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan China dalam China Business Forum

Minggu, 10 Desember 2023 | 23:33:40 WIB
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding yang dilakukan oleh Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra dengan beberapa perusahaan asal China dalam rangkaian Indonesia-China Business Forum (I

JAKARTA- PT PLN (Persero) melalui anak usahanya, PT PLN Indonesia Power (PLN IP), menjalin kerja sama strategis dengan perusahaan asal China dalam China Business Forum di Beijing. Kerja sama ini bertujuan untuk memperluas bisnis di sektor kelistrikan dan mempercepat pembangunan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia.

Salah satu kerjasama yang dijalin adalah dengan Shandong Electric Power Engineering Consulting Institute Corporation, Ltd. (SDEPCI). Dalam kerjasama ini, PLN IP dan SDEPCI akan melakukan studi bersama terkait rencana pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Indonesia.

"Kerjasama ini merupakan langkah strategis PLN IP dalam mempercepat pembangunan EBT di Indonesia," ujar Direktur Utama PLN IP Edwin Nugraha Putra.

Edwin menjelaskan bahwa PLN IP telah melakukan berbagai transformasi bisnis, termasuk pembentukan subholding, untuk memperbesar peluang ekspansi bisnis dan optimalisasi aset. Transformasi ini sejalan dengan upaya PLN untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE), dan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan China dianggap sebagai strategi komprehensif dalam mencapai tujuan tersebut.

Selain dengan SDEPCI, PLN IP juga menjalin kerjasama dengan Hongkong Ocean Investment Development Co., Ltd. untuk kajian pengembangan EBT di Indonesia. Kerjasama ini mencakup kajian potensi pengembangan EBT, termasuk PLTB, PLTP, dan PLTS.

PLN IP juga menandatangani MoU dengan HBA Offshore Pte., Ltd. dan GCL Intelligent Energy (SUZHOU) Co., Ltd. untuk studi pengembangan PLTB. Kerjasama ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan PLTB di Indonesia, terutama di wilayah-wilayah yang memiliki potensi angin yang besar.

"Kerjasama ini merupakan wujud komitmen PLN IP untuk mendukung pengembangan EBT di Indonesia," ujar Edwin.

Edwin menambahkan bahwa PLN IP terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya dalam mengembangkan EBT. PLN IP juga berkomitmen untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk perusahaan-perusahaan asal China, untuk mewujudkan target NZE di Indonesia.

Potensi Kerja Sama dengan China

China merupakan salah satu negara dengan kemajuan teknologi EBT yang pesat. Kerjasama dengan perusahaan-perusahaan asal China diharapkan dapat memberikan manfaat bagi PLN IP dalam hal teknologi, pendanaan, dan pengalaman.

PLN IP dan perusahaan-perusahaan China juga memiliki kesamaan visi dalam pengembangan EBT. Kedua pihak sama-sama berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendukung pembangunan berkelanjutan.

Kerjasama antara PLN IP dan perusahaan-perusahaan China diharapkan dapat menjadi katalis dalam pengembangan EBT di Indonesia. Kerjasama ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan PLTB, PLTP, dan PLTS di Indonesia, sehingga dapat mendukung target NZE di Indonesia.

Terkini