PLN IP PLTU Ombilin: Inovasi Pupuk Silika dari FABA, Manfaat untuk Lingkungan dan Kemakmuran Petani

Minggu, 10 Desember 2023 | 12:04:16 WIB
Perusahaan energi PT PLN Indonesia Power menyulap debu limbah bekas batu bara di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) menjadi pupuk yang bermanfaat untuk pertanian.

JAKARTA-PLN Indonesia Power PLTU Ombilin telah menciptakan inovasi baru dalam memanfaatkan Fly Ash Bottom Ash (FABA) sebagai pupuk silika. Inovasi ini bermanfaat untuk lingkungan, karena memanfaatkan limbah FABA yang sebelumnya belum dimanfaatkan, dan bermanfaat untuk kemakmuran petani, karena meningkatkan produktivitas tanaman.

Inovasi ini telah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sumatera Barat. Pupuk silika yang dihasilkan dari FABA ini terbukti dapat membantu tanaman tumbuh lebih tegak dan mendukung proses fotosintesis.

Inovasi ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan PLN IP dalam melakukan inovasi di berbagai sektor, khususnya dalam bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (CSR). PLN hadir untuk menciptakan Creating Shared Value (CSV) bagi korporasi dan masyarakat, berkontribusi pada peningkatan ekonomi, sosial, kesehatan, dan lingkungan.

Pupuk Silika yang dihasilkan dari PLTU Ombilin telah memenuhi standar mutu dan telah mendapatkan Izin Edar dari Menteri Pertanian Republik Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa pupuk ini aman untuk tanaman dan tersedia di pasaran.

Terkini